Kantor Berita Kalimantan
Home » Gabungan Relawan Banua Gelar Aksi Penanaman Pohon
BUDAYA DAERAH

Gabungan Relawan Banua Gelar Aksi Penanaman Pohon

IMG 20200213 113129
IMG 20200213 113129

Gabungan Relawan Lakukan Aksi Penanaman Pohon Di Jalan Lingkar Selatan Atau Jalan Gubernur Soebarjo Untuk Revolusi Hijau. Penanaman pohon ini akan dilanjutkan di seluruh wilayah Kalsel (13/2/2020).

IMG 20200213 113044
Relawan Sedang Merapikan Pohon Yang Ditanam

Belasan orang relawan yang tergabung di Brigade 08 Kalsel, Barisan Relawan Banua, dan Sasangga Banu pada hari ini dengan penuh semangat melakukan aksi penanaman pohon di Jalan Lingkar Selatan. Ketua Barisan Relawan Banua Hairun Nisa mengatakan, pihaknya bersama para relawan secara sukarela mengumpulkan dana untuk membeli bibit pohon dan melakukan penanaman.

Gabungan Relawan Banua Gelar Aksi Penanaman Pohon
Tim Gabungan Relawan Banua Gelar Aksi Penanaman Pohon di Jalan Lingkar Selatan

Hairun Nisa menyatakan, program Revolusi Hijau dari Barisan Relawan Banua tidak akan terjadi tumpang tindih dengan program pemerintah. Sebab, pemerintah punya program sendiri dan pihaknya murni dari swadaya sendiri, termasuk sumber pendanaannya.

“Revolusi Hijau dari Tim Gabungan Relawan Banua dimulai hari ini dengan target 1000 pohon yang akan ditanam. Untuk hari ini kami hanya bisa menanam 176 pohon dan nanti akan dilanjutkan ke ruang publik lainnya,” jelasnya (13/2/2020).

Kemudian, Deddy Banua, Ketua Brigade 08 mengatakan, pihaknya ingin adanya perbaikan kualitas lingkungan dan salah satunya melalui penanaman pohon. Menurutnya, sebagai aktivis lingkungan ia sudah sejak Awal Tahun 2000-an  telah melakukan aksi penanaman pohon, jadi bukan hanya pada kali ini saja.

Deddy Banua menegaskan, penanaman pohon pada hari di Jalan Lingkar merupakan aksi perdana pihaknya bersama para relawan di Tahun 2020. Aksi penanaman pohon ini untuk revolusi hijau ini terus pihaknya lakukan di seluruh Kalsel, seperti di sekolah-sekolah, hingga pada Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada 5 Juni 2020.

“Aksi ini murni gerakan sosial dari kami Barisan Relawan Banua untuk perbaikan kualitas lingkungan di Kalsel. Semua relawan di Kalsel akan bergerak untuk melakukan aksi penanaman pohon dengan swadaya sendiri,” tegasnya.

Terpisah, Bendahara Sasangga Banua, Akhmad Rahman mengungkapkan, pihaknya turut serta dalam gerakan penanaman pohon, karena akan bermanfaat sekali bagi perbaikan lingkungan.

“Aksi ini sangat baik dan merupakan kegiatan sosial yang patut didukung. Karena itu kami dari Sasangga Banua sangat mendukungnya,” pungkas Akhmad Rahman.

Leave a Comment

KANTOR BERITA KALIMANTAN
KBK - Kantor Berita Kalimantan Info Khas Kalimantan