LINTAS KALIMANTAN

Karhutla Mulai Terjadi di Wilayah Tumbang Nusa Kalteng

KBK.NEWS, PULANG PISAU – Ancaman Karhutla mulai terjadi di Kalimantan Tengah (Kalteng) kebakaran terpantau di kawasan Tumbang Nusa, Kabupaten Pulang Pisau, Kalteng, Jumat (21/6/2024).

Kebakaran hutan dan lahan kembali mengancam di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng). Informasi terbaru telah terjadi Karhutla di Jalan Trans Kalimantan Km 32 di Tumbang Nusa, Kabupaten Pulang Pisau, Kamis (20/6/2024).

Karhutla yang terjadi di Tumbang Nusa ini tidak sempat menjalar terlalu jauh, akibat kesigapan Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran (BPBPK) Kalteng.

Kepala Pelaksana BPBPK Provinsi Kalteng, Ahmad Toyib menyampaikan, bahwa karhutla yang terjadi di Tumbang Nusa sudah terjadi sejak 18 Juni 2024 lalu. Pihaknya dan melalui Tim Respon BPBPK Kalteng, Damkar Dishut Kalteng, TNI – Polri, BPBD Pulang Pisau, Manggala Agni dan Masyarakat Peduli Api (MPA) Desa Jabiren berhasil memadamkan Karhutla.

Menurut mengungkapkan, luas lahan yang terbakar di kawasan Tumbang Nusa diperkirakan mencapai 3,74 hektar.

” Luas lahan yang dipadamkan sekitar 0,57 hektar dan itu lahan kosong. untuk potensi penyebaran karhutla terpantau nihil dan di lokasi lahan tersebut ada tiang sutet PLN,” terangnya, Kamis (20/6/2024).

“Alhamdulilah, kondisi terakhir lokasi Karhutla tersebut hari ini sesudah dilakukan pemadaman, sudah padam tuntas,” pungkasnya.

Sumber : MMC Kalteng.

admin

Redaktur KBK.NEWS

Recent Posts

Ditreskrimsus Polda Kalsel Amankan 9,5 Ton Oli Palsu

KBK.News, BANJARMASIN - Ditreskrimsus Polda Kalsel menggelar press rilis pengungkapan kasus pembuatan oli oplosan (Palsu)… Lanjutkan Membaca

10 jam ago

Calon Bupati Banjar Syaifullah Tamliha Siap Adu Gagasan Cerdas Bangun Kabupaten Banjar

KBK.NEWS, MARTAPURA - Hadapi Pilbup Banjar 2024, Calon Bupati Banjar H Syaifullah Tamliha menawarkan adu… Lanjutkan Membaca

19 jam ago

Agar Tidak Disalahgunakan, Polsek Banjarbaru Utara Musnahkan 19 Batang Pohon Kecubung

KBK.News, MARTAPURA - Polsek Banjarbaru Utara menggelar pemusnahan pohon kecubung yang tumbuh di wilayah hukumnya,… Lanjutkan Membaca

19 jam ago

Pemprov Kalteng Lakukan Pencegahan Abrasi Pantai Dengan Vegetasi Tanaman Bakau

KBK.NEWS, SUKAMARA - Pemprov Kalteng melakukan penanaman pohon atau Vegetasi Tanaman bakau (mangrove) guna mengatasi… Lanjutkan Membaca

20 jam ago

Tegakkan Disiplin Berlalu Lintas, Polres Banjar Gelar Operasi Patuh Intan 2024

KBK.News, MARTAPURA - Selama 14 Hari, Polres Banjar akan menggelar Operasi Patuh Intan 2024. Operasi… Lanjutkan Membaca

21 jam ago

Diduga Korupsi Kuota Haji KPK Didesak Tangkap Menteri Agama

KBK.NEWS, JAKARTA - Ketua Umum PP PERISAI, Chandra Halim mendesak KPK menangkap Menteri Agama dan… Lanjutkan Membaca

1 hari ago