Ketua KPU RI Arief Budiman saat berkunjung ke KPU Kalsel menyatakan sementara sudah ada 75 laporan masuk gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) dan KPU  menghadapi siap menghadapinya, Minggu (20/11/2020).

Secara umum pelaksanaan pilkada di Indonesia, kata Arief Budiman berjalan aman dan lancar dan hanya 1 daerah yang ditunda pelaksanaannya, yakni di Boven Digul, Papua. Menurutnya, jika ada permasalahan sebaiknya diselesaikan di dalam ruangan bukan dijalanan, ujarnya saat berada di Banjarmasin.

“Saya mengingatkan kalau masih ada persoalan-persoalan selesaikan di dalam ruangan, karena undang -undang memberikan ruang untuk menyelesaikan persoalan itu,” jelasnya, Minggu (20/12/2020) siang.

Pada kesempatan ini Ketua KPU RI ini juga mengungkapkan, bahwa pihaknya telah menerima laporan tentang laporan gugatan perselihan hasil pemilihan (PHP) ke MK. Menurutnya, berdasarkan data dan informasi yang diterima KPU RI sudah 75 gugatan dari paslon kepala daerah yang masuk ke MK.

“KPU, sejak awal dan sudah jauh -jauh hari telah melatih seluruh KPU kabupaten/kota dan provinsi agar siap menghadapi gugatan ke MK, dengan menyiapkan seluruh dokumen pelaksanaan, karena dokumen inilah yang akan disampaikan ke MK. Semuanya sudah siap,” pungkas Arief Budiman.

Ucapan Belansungkawa Ucapan Duka Cita