Lestarikan Budaya Banjar, Organisasi Laung Kuning Hadir Ditengah Era Digital

2 min read

MARTAPURA – Keluarga besar Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Laung Kuning Kabupaten Banjar menggelar silaturahmi dengan tema “Rakat Badingsanak”, di Desa Sungai Landas, Kecamatan Karang Intan, Kamis (28/9/2023).

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Warhamni, selaku pembina DPC Laung Kuning Kabupaten Banjar, dan dihadiri oleh berbagai kalangan dari tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, dan tokoh perempuan yang tergabung dalam simpatisan DPC Laung Kuning Banjar.

“Kemarin juga ada beberapa tokoh-tokoh yang bergabung sebagai anggota, secara simbolis kita pasangkan Laung Kuning sebagai bentuk bergabungnya mereka ke DPC Laung Kuning Kabupaten Banjar,” ucap Warhamni, Jumat (29/9/2023) siang.

Warhamni mengatakan, Laung Kuning merupakan organisasi yang bertujuan untuk mengangkat kembali budaya-budaya di daerah, khususnya budaya Banjar yang saat ini keberadaan nya hampir punah di era digital.

“Tentunya kita khawatir budaya Banjar tenggelam, apalagi sekarang kan Ibukota Negara (IKN) berbatasan langsung dengan Kalsel, oleh karena itu nantinya diperkirakan akan banyak budaya budaya luar yang akan masuk ke daerah kita,” ujar Anggota DPRD Banjar ini.

Dengan ada nya DPC Laung Kuning Kabupaten Banjar, Warhamni mengharapkan bukan hanya bermanfaat untuk anggota nya, namun bisa bermanfaat juga buat masyarakat luas.

Ia membeberkan bahwa DPC Laung Kuning Kabupaten Banjar sudah diakui oleh Pemkab Banjar, melalui Kesbangpol. Warhamni selaku pembina, menyebutkan dirinya beserta pengurus sudah membuat persyaratan-persyaratan dan membuat anggaran dasar/rumah tangga (AD/ART) DPC Laung Kuning Kabupaten Banjar.

“Dalam waktu dekat, pembina dan sebagian pengurus DPC Laung Kuning akan audiensi ke Kapolres Banjar, Dandim 1006 Banjar, dalam rangka menyampaikan keberadaan kami di Kabupaten Banjar, kalau ada kesempatan kami juga akan ke Bupati dan Forkopimda,” paparnya.

Warhamni menambahkan, DPC Laung Kuning Kabupaten Banjar, juga akan menggelar kegiatan-kegiatan sosial untuk membantu masyarakat yang sedang kesusahan.

“Akan kami lakukan juga untuk membantu masyarakat diluar sana yang sedang butuh pertolongan,” pungkasnya.

Dalam kegiatan silaturahmi keluarga besar DPC Laung Kuning tersebut juga menampilkan salah satu kesenian bela diri banjar, yakni beladiri kuntau.

penampilan salah satu anggota DPC Laung Kuning Banjar saat menunjukan Seni beladiri kuntau .

Berita Terkait

More From Author