Mapala Graminea ULM Menggelar Pelatihan GPS dan Dasar Pemetaan

2 min read

BANJARBARU – Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Graminea Fakultas Pertanian (Faperta) Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Kalimantan Selatan, menggelar pelatihan GPS dan Dasar Perpetaan untuk umum dan mahasiswa di Gedung III, Fakultas Pertanian, Ruangan Pampaken pada, Sabtu (20/5/2023).

” Kegiatan ini kami gelar untuk menjawab tantangan dari Fakultas, untuk sebagai organisasi penciri yang menonjolkan GPS dan Dasar Perpetaan,” ujar Ketua Umum Mapala Graminea, Muslim.

Pelatihan tersebut ditujukan untuk Instansi pemerintahan dan Pecinta Alam (PA) se-Kalimantan Selatan, dengan maksud untuk memperkaya dan menyalurkan ilmu serta sharing kepada para peserta yang mengikuti.

Muslim menjelaskan, pelatihan tersebut dikenakan biaya yang tidak terlalu besar untuk kantong mahasiswa dengan kisaran Rp150 ribu rupiah, serta untuk umum Rp200 ribu rupiah.

” Untuk peserta kegiatan yang kami adakan ini sekitar 29 orang dari berbagai instansi dan mahasiswa,” ucapnya.

Dirinya menjelaskan, kegiatan tersebut memiliki berbagai sesi, di antataranya mengenal GPS, dan memahami aplikasi basecamp dan google earth.

” Untuk seri pertama kita mengadakan pengenalan, dan untuk seri kedua nanti akan ditentukan materi yang akan disampaikan, biar peserta menjadi lebih semangat dan antusias mengikutinya,” jelasnya.

Pelatihan tersebut diisi oleh pemateri andal, yang menguasai bidang pemetaan di Organisasi Mapala Graminea, di antaranya; Rizqi Hidayat dan Muhammad Lutfhi.

“Para pemateri ini adalah senior-senior kami, yang sudah memahami betul tentang ilmu GPS perpetaan,” sebutnya.

Kegiatan yang digelar oleh Mapala Graminea tersebut mendapatkan supoort penuh dari Fakultas Pertanian, ULM.

“Kami berharap dengan diadakannya kegiatan ini, bisa berguna untuk masa sekarang dan nantinya, karena ilmu pemetaan ini sangat bermanfaat untuk diri sendiri dan orang lain,” pungkasnya.

Berita Terkait

More From Author