BUDAYA TIPS & TRIK

Musim mencari ikan air tawar di Kalsel

Martapura : Musim mencari ikan air tawar di Kalsel semakin ramai, karena ikan lebih mudah ditangkap dan jumlahnya cukup banyak disekitar persawahan (15/1/2019).

Pada setiap awal musim penghujan dan musim tanam padi banyak sekali ikan air tawar yang masih kecil- kecil dan mudah ditangkap. Hal inilah yang membuat sebagian masyarakat turun ke sekitar sawah dan sungai kecil atau danau mencari ikan.

Ada banyak cara yang digunakan untuk menangkap ikan kecil-kecil tersebut. Misalnya, menggunakan pancing, tangguk atau khas Banjar seperti tampirai, halau dan bahkan hancau.

Suasana musim mencari ikan yang kini terlihat ramai di wilayah Kabupaten Banjar, terutama didaerah yang banyak sawah, sungai kecil (handil) dan juga danau. Misalnya, di Kecamatan Martapura Barat, Martapura Timur, Gambut, Sungai Tabuk dan lainnya.

Sebagian masyarakat terlihat asyik sekali mencari ikan ditepi jalan, pematang dan di sawah. Mereka ini ada yang masih anak-anak, remaja, bahkan orangtua yang bawa anaknya.

Masran salah seorang yang mencari ikan di Jalan Keramat, Tungkaran Martapura mengatakan, memang saat ini sedang musim menangkap ikan. Hanya saja ikannya kecil-kecil, namun mudah ditangkap atau dipancing.

“Ada ikan papuyu, sepat dan lainnya. Sebagian hasil tangkapan dijual, tetapi ikan kecil ini enak dan manis, Pak,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *