IMG 20190424 WA0029
BUDAYA EKONOMI

Nasib Kakek Penjual dan Pembeli Buah Nangka

Martapura : Beginilah Nasib Pedagang dan Penjual Buah nangka untuk menopang ekonomi keluarganya, seperti yang dijalani Kakek Husani dalam sepuluh tahun terakhir, Rabu (25/4/2019).

Husaini Warga Desa Sungai Rangas Hambuku, Kecamatan Martapura Barat, Kabupaten Banjar menggeluti usaha jual beli buah nangka. Dari usaha ini ia bisa menghidupi keluarganya dan bahkan menjadi penopang utama ekonomi keluarga.

Kakek dari 3 orang anak ini setiap hari menyusuri perkebunan warga di wilayah Kota Banjarbaru untuk berburu buah nangka yang sudah matang untuk ia beli. Selanjutnya buah nangka yang ia beli dijual lagi di Kota Banjarmasin.

“Biasa saya mencari buah nangka di kawasan sekitar lapangan golf, Landasan Ulin, dan Jalan Trikora, Banjarbaru. Setiap hari ada nangka yang saya beli, sebab buah nangka bukan buah musiman dan ada sepanjang tahun,” tuturnya.

Pria tua yang sudah punya 5 orang cucu ini mengaku, kondisi fisiknya tidak seperti beberapa tahun lalu, tetapi tetap bekerja keras menjalankan usahanya. Sebab, ia tidak ingin bergantung pada anak-anaknya dalam menopang ekonomi keluarga.

“Usaha jual beli buah nangka ini hasil untungnya  cukup lumayan bagi saya dan keluarga. Kalau rata-rata sekitar Rp 100 ribu perhari,” ucapnya lagi.

Pria berusia 60 tahun ini juga mengungkakan, pada setiap Bulan Ramadan permintaan buah nangka meningkat. Sebab, buah nangka dibutuhkan banyak orang, misalnya membuat es buah, kue terang bulan dan lainnya.

“Bulan puasa permintaan buah nangka lebih banyak, tapi sayangnya ketersediaan sangar terbatas,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *