IMG 20191002 222841
DAERAH PEMERINTAHAN POLITIK

NPHD Pilkada Kabupaten Banjar Belum Rampung

Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) untuk pelaksanaan Pilkada 2020 di Kabupaten Banjar belum rampung, karena ada perubahan (2/10/2019).

Ada 7 daerah yang akan menggelar  pilkada di Kalimantan Selatan pada tahun 2020 mendatang. Ketujuh daerah tersebut, yakni Kabupaten Kotabaru, Hulu Sungai Tengah,  Batulicin, Balangan, Kota Banjarmasin, Kota Banjarbaru, Kabupaten Banjar,  dan Pilkada Gubernur Kalsel.

Semua kabupaten/kota yang menggelar pilkada serentak 2020 di Kalsel sudah melakukan penandatanganan NPHD, kecuali di Kabupaten Banjar. Hal ini memunculkan pertanyaan tentang siap atau tidak daerah ini menggelar pilkada.

Terkait dengan belum ditanda tanganinya NPHD tersebut, Kepala Badan Pengelola Kekayaan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Banjar, Zulyadaini menyatakan, seharusnya Tanggal 1 Oktober 2019 penandatanganan dilakukan antara Pemkab Banjar dengan KPU Banjar.

“Karena ada sedikit perubahan dari isi NPHD, maka harus diperbaiki. Tetapi dalam bulan ini dan hibah kita realisasikan,” ujarnya (2/10/2019).

Terpisah, Komisioner KPU Kabupaten Banjar Muhammad Zain mengatakan, pihaknya tidak mendapat undangan dari Pemkab Banjar untuk penandatanganan NPHD senilai Rp 25 Miliar lebih.

“Memang semestinya sudah penandatanganan kemarin Tanggal 1 Oktober 2019,” ucapnya singkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *