Site icon Kantor Berita Kalimantan

Padi Siap Panen di Kabupaten Banjar Hangus Akibat Karhutla

KBK.NEWS MARTAPURA – Miris nasib petani, sebab akibat Karhutla di Kabupaten Banjar yang terjadi  di Desa Tambak Padi, Kecamatan Beruntung Baru padi siap panen turut terbakar, Senin (2/9/2024) siang.

Kebakaran hutan dan lahan atau Karhutla di Kabupaten Banjar dalam beberapa hari terakhir terus terjadi. Yang terbaru Karhurla yang terjadi di telah turut membakar tanaman padi masyarakat yang siap panen di Desa Tambak Padi di Kabupaten Banjar.

Peristiwa Karhurla ini cepat dipadamkan  tim gabungan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjar. Lokasi Karhutla yang jauh dari jangkauan Tim Gabungan Damkar, Relawan TNI -Polri dan di BPBD Banjar sulit untuk melakukan proses pemadaman.

Beruntungnya berkat Tim gabungan terdiri dari BPBD Banjar, TNI, Polri, EBR, BPK Combat dan warga setempat bekerjasama proses pemadamaan Karhutla dengan cepat bisa dilakukan.

“Api mulai penurunan, ada yang sulit dijangkau karena berada ditengah. Untuk antisipasi berkobar lagi, tim Posko Beruntung Baru kita disiagakan di lokasi,” ujar Pamula personel BPBD Banjar.

Akibat peristiwa tersebut sebanyak 2 hektare lahan terbakar, sebagian kecilnya adalah tanaman padi milik warga setempat yang siap panen.

“Kalau menurut warganya, sekitar lima jutaan kerugiannya,” pungkasnya.

Exit mobile version