Site icon Kantor Berita Kalimantan

Para Bocil Kota Palangka Raya Berlatih Padamkan Kebakaran

Para bocah kecil anak Taman Kanak-Kanak (TK) Ar Rahman Ar Rahim, Kota Palangka Raya berlatih memadamkan kebakaran (Foto MC Kota Palangka Raya).

KBK.NEWS, PALANGKA RAYA – Dinas Damkar Kota Palangka Raya berikan pelatihan kepada bocah kecil (bocil) atau anak – anak yang masih bersekolah di Taman Kanak – Kanak untuk mencegah dan menangani kebakaran.

Guna meningkatkan kesadaran bahaya api dan cara memadamkan api, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkar) Kota Palangka Raya menggelar simulasi penanggulangan kebakaran. Kali ini yang menjadi peserta simulasi adalah para bocah kecil anak Taman Kanak-Kanak (TK) Ar Rahman Ar Rahim.

Kegiatan simulasi yang pelatihan pemadaman api jika terjadi kebakaran untuk bocah kecil ini digelar di Halaman Kantor Dinas Damkar Kota Palangka Raya, Rabu (29/5/2024).

Kepala Dinas Damkar Kota Palangka Raya, Gloriana Aden mengatakan, simulasi ini merupakan bagian dari upaya meningkatkan kesadaran dan pengetahuan para bocah cilik (bocil) tentang pencegahan kebakaran sejak dini.

“Dengan memberikan edukasi sejak dini, diharapkan anak-anak dapat mengetahui langkah-langkah dasar dalam menangani kebakaran dan memahami pentingnya keselamatan,” jelas Gloriana Aden.

Dalam simulasi ini, beber Gloria, Tim dari Dinas Damkar Kota Palangka Raya memberikan penjelasan mengenai jenis-jenis kebakaran. Selain itu juga mengajarkan cara menggunakan APAR (Alat Pemadam Ringan). Peserta simulasi para murid dan guru juga berkesempatan  mempraktikkan langsung cara menggunakan APAR dalam situasi darurat.

“Melalui praktik langsung, para murid dan guru diharapkan lebih memahami cara kerja APAR dan bisa mengaplikasikannya dengan benar jika dibutuhkan. Ini juga menjadi momen penting untuk menanamkan kesadaran akan pentingnya keselamatan di lingkungan sekitar,” tambah Gloriana Aden.

Dinas Damkar Kota Palangka Raya, ungkap Gloria, berencana mengadakan kegiatan serupa di sekolah lainnya di Kota Palangka Raya. Ia juga berhadapan simulasi pencegahan dan penanganan kebakaran bisa menjadi program pendidikan kebakaran yang berkelanjutan.

“Kami berkomitmen untuk terus memberikan edukasi tentang pencegahan dan penanganan kebakaran, tidak hanya kepada anak-anak, tetapi juga kepada seluruh lapisan masyarakat,” harap Gloriana Aden.

Para guru TK Ar Rahman Ar Rahim menyambut baik kegiatan ini, sebab  memberikan pengalaman berharga bagi murid dan staf pengajar.

“Kami sangat berterimakasih kepada Dinas Damkar Kota Palangka Raya atas penyelenggaraan kegiatan ini. Para murid sangat antusias dan kami sebagai guru juga mendapatkan pengetahuan baru yang sangat berguna,” ujar seorang guru.

Sumber : (MC. Kota Palangka Raya/Nitra/ndk)

Exit mobile version