Site icon Kantor Berita Kalimantan

Pemko Palangka Raya Siap Berikan Pelatihan Buka Lahan Tanpa Membakar

PALANGKA RAYA – Antisipasi kabut asap dan pemanasan global, Pemko Palangka Raya siap berikan pelatihan kepada masyarakat cara membuka lahan tanpa harus membakar, Sabtu (26/3/2022).

Pelatihan Buka Lahan Tanpa Bakar (PLTB) bakal menjadi salah satu program yang akan dilaksanakan Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) setempat. 

“Pelatihan ini akan dimulai di wilayah Kecamatan Jekan Raya direncanakan akhir bulan ini,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Palangka Raya, Achmad Zaini, Kamis (24/3/2022).

Achmad Zaini juga mengungkapkan, bahwa pelatihan bertujuan untuk meminimalisasi munculnya kabut asap, pemanasan global dengan meningkatkan pemahaman masyarakat. Sasaran pelatihan terutama petani agar tidak melakukan pembukaan lahan dengan cara dibakar, sehingga pengembangan usaha perkebunan lebih ramah lingkungan.

Tujuan lain dari kegiatan pelatihan pembukaan lahan tanpa bakar, beber Zaini, yakni untuk mencegah terjadinya pencemaran dan kerusakan fungsi lingkungan. Kerusakan lingkungan bisa berskala regional, nasional maupun global baik dalam segi sosial maupun ekonomi.

“Salah satu materi PLTB yang familiar adalah terkait mengolah biomassa yang ada di lahan menjadi kompos atau cuka kayu. Melalui pelatihan ini diberikan pemahaman bahaya membuka lahan dengan cara dibakar, sehingga dilarang, namun juga memberikan solusi terbaik,” pungkasnya. (MC. Isen Mulang.1/wspd/toeb).

Sumber : infopublik.id

Exit mobile version