Kantor Berita Kalimantan
Home » Pemuda dan Mahasiswa Kabupaten Banjar Siap Jadi Relawan Kebersihan Pasca Haul Ke-15 Guru Sekumpul
BUDAYA DAERAH

Pemuda dan Mahasiswa Kabupaten Banjar Siap Jadi Relawan Kebersihan Pasca Haul Ke-15 Guru Sekumpul

IMG 20200204 WA0006
IMG 20200204 WA0006

Para pemuda dan mahasiswa di Kabupaten Banjar siap menjadi relawan kebersihan pasca Haul ke-15 KH Muhammad Zaini Bin Abdul Ghani atau Abah Guru Sekumpul (4/2/2020).

Kebersihan pasca pelaksanaan Haul Abah Guru Sekumpul menjadi perhatian sejumlah organisasi kepemudaan dan mahasiswa. Untuk itu sekitar 250 pemuda yang tergabung di KNPI, PMII, Menwa, Pramuka, GP Anshor, IPM, IMM di Kabupaten Banjar menyatakan siap menjadi relawan kebersihan Haul ke-15 Abah Guru Sekumpul.

Kesiapan mereka menjadi relawan kebersihan ini disampaikan dalam sebuah rapat di Aula Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Banjar (3/2/2020). Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Banjar Ikhwansyah.

“Alhamdulillah, para pemuda yang tergabung dalam sejumlah organisasi punya kepedulian yang tinggi untuk suksesnya Haul ke-15 Abah Guru Sekumpul. Mereka menyiapkan diri untuk menjadi relawan kebersihan dan membersihan sampah pasca haul,” jelasnya (4/2/2020).

Mantan Kepala Dinas Kesehatan ini juga memaparkan, bahwa para relawan kebersihan ini membagi tugas dengan relawan haul lainnya. Untuk para pemuda dan mahasiswa mendapat tugas membersihkan sampah di sepanjang Jalan Pendidikan dan sekitarnya.

“Belajar dalam pelaksanaan Haul Abah Guru Sekumpul tahun – tahun sebelumnya, maka dibutuhkan sekali relawan kebersihan pasca haul. Jumlah sampah yang besar tersebut tidak bisa ditanggulangi dengan cepat tanpa kerjasama semua pihak,” tegasnya Ikhwansyah.

Pada Haul ke-14 Abah Guru Sekumpul tahun lalu, diperkirakan ada 250 ton sampah di sekitar Kota Martapura. Untuk membersihkannya DLH Kabupaten Banjar memerlukan waktu sekitar satu pekan.

Leave a Comment

KANTOR BERITA KALIMANTAN
KBK - Kantor Berita Kalimantan Info Khas Kalimantan