Persiapan dan Jadwal Puncak Haul ke 13 Abah Guru Sekumpul

Martapura – Persiapan Haul Abah Guru Sekumpul kini terus dilakukan, agar
kegiatan keagamaan ini berjalan lancar dan sukses, termasuk dalam kesiapan sarana dan prasarana dalam menyambut kedatangan ratusan ribu jamaah (25/02/2018).

Haul KH. Muhammad Zaini Abdul Ghani atau yang lebih akrab disapa Abah Guru Sekumpul tinggal satu bulan lagi. Segala persiapan telah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Banjar, Masyarakat dan tentunya juga Panitia Haul.

Pada tahun ini Haul ke -13 Guru Sekumpul tetap akan digelar di kawasan makam beliau,yakni Mushala Ar-Raudah, Sekumpul Martapura. Puncak pelaksanaan Haul ke 13 Abah Guru Sekumpul akan digelar pada Tanggal 25 Maret 2018 mendatang, namun persiapan sudah jauh hari dilakukan.

Salahsatu bentuk persiapan dari sekian banyak agenda adalah membersihkan kawasan Sekumpul dan sekitarnya, seperti membersihkan saluran air, parit, got, atau drainase. Kegiatan ini dilakukan Pemerintah Kabupaten Banjar melalui dinas terkait seperti Dinas PUPR, Damkar Banjar, Tagana, dan masyarakat.

Dalam pembersihan drainase tersebut Tim kebersihan menggunakan alat Jack Hammer untuk membuka cor semen penutup drainase guna membuang penyumbat saluran air. Lumpur,tanah dan sampah yang. menjadi penyebab terganggunya aliran air dikeluarkan dan diangkut olehTagana .

Lurah Sekumpul Gusti Marhusin mengatakan, pembersihan tersebut adalah kegiatan rutin tahunan, terlebih jelang Haul Abah Guru Sekumpul.

” Pembersihan ini, untuk mengangkat tanah yang sudah membuat drainase tersumbat dan menjadi dangkal ,hingga mengakibatkan air tidak bisa mengalir dengan normal,serta mengakibatkan air tumpah ke jalanan dan menggenangi jalan sekumpul” ujarnya.

Heryanto dari tim drainase PUPR, gotong royong untuk hari ini sementara kita dari pasar dulu sampai ke Gang simpang 4 sekumpul, hari Senin baru kita sampai ke sungai kacang, adapaun yang kita lakukan adalah untuk pembersihan drainase dari sampah.

admin

Redaktur KBK.NEWS

Berita Terkait

More From Author