Kategori UMUM

Peserta Fun Hiking Kahung Journey Nikmati Indahnya Alam

Banjarbaru – Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan gelar fun hiking dengan tema “Kahung Journey ” dan diikuti puluhan peserta diantaranya, dari lingkup SKPD, Peserta lomba fotografi, Mapala, Tim medis, Tim keamanan (30/03/2018).

Sebelum menuju lokasi seluruh peserta kegiatan ini mendapatkan arahan mengenai teknis kegiatan dari panitia acara di lapangan Desa Belangian. Arahan disampaikan oleh Lanang Budi Wibowo, S.Hut,MP selaku koordinator lapangan. Setelah mendapat pengarahan tersebut esok harinya peserta fun hiking  esok hari memulai kegiatan pada jam 07.00 pagi menuju Air Terjun Kahung Besar.

Untuk menuju titik tersebut semua peserta diantar Tim Trail menuju shelter pertama atau shelter kembar secara bertahap, dan kemudian masing-masing peserta melanjutkan perjalanan ke tempat tujuan sesuai kondisi kemampuan peserta, sebab panitia hanya memberikan batas waktu hingga pukul dua siang.

“Apabila peserta tidak mampu mencapai tujuan pada jam yang sudah ditentukan, maka para peserta DIWAJIBKAN ‘balik kanan’ pulang kembali menuju desa Belangian. Hal ini dilakukan demi keamanan seluruh peserta kegiatan,” jelas Kadishut Kalsel Hanif Faisol Nurofiq (01/04/2018).

Ia juga menyatakan, bahwa panitia dalam menempatkan tim radio (komunikasi), tim keamanan, tim medis, dan tim evakuasi disetiap pos jalur fun hiking untuk menghindari dan meminimalisir hal-hal terburuk yang  dapat saja terjadi.

Menurut Hanif para peserta fun hiking terlihat begitu senang mengawali perjalanan mereka mulai dari desa menuju shelter pertama atau yang biasa disebut shelter kembar. Perjalanan dari desa menuju shelter kembar berjarak kurang lebih sekitar 5,6 Km. Namun jarak yang jauh tidak menyurutkan semangat para peserta fun hiking untuk berjalan menuju shelter pertama, sebab disepanjang perjalanan para peserta disuguhi pemandangan yang memanjakan mata dan juga sambil berfoto ria.

Kemudian sebagian peserta yang sudah sampai di shelter pertama dan sudah mencukupkan istirahat kembali melanjutkan perjalanan menuju shelter kedua atau yang biasa disebut shelter Muara Kahung dengan jarak tempuh kurang lebih 3,3 Km.
 
“Perjalanan atau fun hiking tambah ramai,sebab juga diikuti rombongan dan dipimpin langsung Kadishut Prov Kalsel Hanif Faisol, serta didampingi kepala KPH dan para pejabat esselon,” ujarnya.
 
Hanif Faisol pada kesempatan ini juga mengungkapkan hal -hal yang membuat perjalanan yang dilakukan para peserta semakin menarik,asyik , nyaman dan menarik hingga sampai tujuan, yakni adalah udara yang segar kawasan hutan alami yang dipadukan dengan keindahan pemandangan dengan aneka fauna dan flora langka ada di sekelilingnya.

“Kita masih bisa melihat pepohonan dengan berukuran diameter yang sangat besar, binatang-binatang yang jarang kita temui pada umumnya, serta jamur-jamur langka yang hanya ada di kawasan hutan Kahung,”pungkasnya.
.

Editor :
Penulis :

admin

Redaktur KBK.NEWS

Recent Posts

Ditreskrimsus Polda Kalsel Amankan 9,5 Ton Oli Palsu

KBK.News, BANJARMASIN - Ditreskrimsus Polda Kalsel menggelar press rilis pengungkapan kasus pembuatan oli oplosan (Palsu)… Lanjutkan Membaca

11 jam ago

Calon Bupati Banjar Syaifullah Tamliha Siap Adu Gagasan Cerdas Bangun Kabupaten Banjar

KBK.NEWS, MARTAPURA - Hadapi Pilbup Banjar 2024, Calon Bupati Banjar H Syaifullah Tamliha menawarkan adu… Lanjutkan Membaca

20 jam ago

Agar Tidak Disalahgunakan, Polsek Banjarbaru Utara Musnahkan 19 Batang Pohon Kecubung

KBK.News, MARTAPURA - Polsek Banjarbaru Utara menggelar pemusnahan pohon kecubung yang tumbuh di wilayah hukumnya,… Lanjutkan Membaca

20 jam ago

Pemprov Kalteng Lakukan Pencegahan Abrasi Pantai Dengan Vegetasi Tanaman Bakau

KBK.NEWS, SUKAMARA - Pemprov Kalteng melakukan penanaman pohon atau Vegetasi Tanaman bakau (mangrove) guna mengatasi… Lanjutkan Membaca

21 jam ago

Tegakkan Disiplin Berlalu Lintas, Polres Banjar Gelar Operasi Patuh Intan 2024

KBK.News, MARTAPURA - Selama 14 Hari, Polres Banjar akan menggelar Operasi Patuh Intan 2024. Operasi… Lanjutkan Membaca

22 jam ago

Diduga Korupsi Kuota Haji KPK Didesak Tangkap Menteri Agama

KBK.NEWS, JAKARTA - Ketua Umum PP PERISAI, Chandra Halim mendesak KPK menangkap Menteri Agama dan… Lanjutkan Membaca

1 hari ago