Site icon Kantor Berita Kalimantan

Polres Banjar Menggelar Deklarasi Pilkada Damai Tahun 2024

Polres Banjar Menggelar Deklarasi Pilkada Damai Tahun 2024. (Foto : Humas Polres Banjar)

KBK.News, MARTAPURA – Polres Banjar menggelar Deklarasi Pilkada Damai Tahun 2024 diselenggarakan di Guest House Sultan Sulaiman, Martapura, Selasa (08/10/2024) pagi.

Kegiatan ini dihadiri oleh sejumlah tokoh penting, termasuk Kapolres Banjar AKBP M. Ifan Hariyat, Ketua KPU Banjar Muhammad Noor Arifin, Ketua Bawaslu Banjar Muhammad Hafizh Ridha, Dandim 1006 Banjar Letkol Kav Zulkifer Sembiring, serta perwakilan dari Forkopimda, dan berbagai elemen masyarakat Kabupaten Banjar.

Pada Deklarasi Damai Pilkada 2024 ini, Paslon Bupati – Wakil Bupati Banjar yang hadir yakni Paslon 02 H Syaifullah Tamliha – Habib Ahmad Bahasyim, sedangkan Paslon 01 hanya dihadiri oleh Habib Idrus Al-Habsyie.

Kegiatan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, disusul dengan pemutaran video selayang pandang, sambutan dari Kapolres Banjar, dan pembacaan ikrar Deklarasi Damai Pilkada 2024.

Ketua KPU Banjar memimpin pembacaan ikrar, yang diikuti oleh seluruh peserta. Acara ditutup dengan penandatanganan deklarasi dan foto bersama.

Deklarasi ini bertujuan untuk menciptakan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) yang aman dan kondusif selama tahapan Pilkada berlangsung.

Seperti disampaikan dalam sambutan, Pemilukada merupakan mekanisme demokrasi untuk memilih pemimpin daerah yang aman, jujur, dan adil, sesuai kehendak rakyat.

Kapolres Banjar dalam sambutannya menekankan pentingnya komitmen semua pihak untuk menjaga keamanan, serta menghindari potensi konflik selama tahapan Pilkada, terutama pada masa kampanye yang berlangsung mulai 25 September hingga 23 November 2024.

“Seluruh elemen masyarakat, baik tokoh agama, pemuda, maupun politik harus bersatu menjaga stabilitas politik agar Pemilukada ini berjalan lancar,” ujar Kapolres Banjar, AKBP M Ifan Hariyat.

“Deklarasi ini juga diharapkan menjadi momentum untuk memperkuat koordinasi antara pemerintah, pasangan calon, dan masyarakat, guna mewujudkan Pilkada 2024 yang sukses dan berkualitas, dengan prinsip-prinsip jujur, adil, profesional, dan akuntabel,” lanjutnya lagi.

Kegiatan diakhiri dengan doa bersama untuk kelancaran dan kedamaian proses Pemilukada 2024 di Kabupaten Banjar.

Exit mobile version