Polsek Pengaron bantu evakuasi korban banjir, karena debit air semakin tinggi, karena sebagian korban terjebak banjir ini , Selasa (12/1/2021).

Polsek Pengaron, Polres Banjar, Polda Kalsel dan Koramil Pengaron diterjunkan untuk membantu para korban banjir di wilayah Kecamatan Pengaron, Kabupaten Banjar. Debit air yang terus bertambah membuat sebagian rumah warga terendam dengan ketinggian yang bervariasi.

Kapolres Banjar AKBP Andri Koko Prabowo melalui Kapolsek Pengaron, Iptu Herry Bombay menyampaikan, berdasarkan hasil pemantauan di lapangan debit air semakin bertambah tinggi. Karena itu sebagian korban banjir di evakuasi.

“Di wilayah Pengaron ini sebagian pemukiman penduduk memang berlokasi rendah, sehingga saat musim penghujan seperti ini hampir semua rumah tergenang air,” jelasnya.

Menurut Kapolsek Pengaron ini, banjir bermula dari tingginya curah hujan yang mengakibatkan air Sungai Riam meluap. Selanjutnya luapan air membanjiri Desa Benteng dan Desa Pengaron.

“Ada beberapa titik di Desa Benteng dan Desa Pengaron yang ketinggian air bahkan mencapai 2 meter. Data sementara ada sekitar 1500 rumah penduduk yang terendam akibat meluapnya Sungai Riam Kiwa,” Iptu Herry Bombay.