Kodim 1006 Martapura terjunkan para prajurit TNI Untuk Bantu Evakuasi korban banjir di beberapa titik di Kabupaten Banjir, Selasa (12/1/2021).

Para prajurit TNI dari Kodim 1006 Martapura diterjunkan langsung ke lapangan untuk membantu masyarakat yang menjadi korban banjir.

Dandim 1006 Martapura Letkol Arm Siswo Budiarto
Dandim 1006 Martapura Letkol Arm Siswo Budiarto

“Tadi pagi ketika menerima informasi sejumlah warga di Kecamatan Pengaron terjebak banjir, saya perintahkan langsung kepada para prajurit untuk secepatnya melakukan aksi penyelamatan,” jelas Dandim 1006 Martapura Letkol Arm Siswo Budiarto, Selasa (12/1/2021) siang.

Siswo Budiarto menegaskan, Kodim 1006 Martapura dalam melaksanakan aksi kemanusiaan tetap koordinasi dengan BPBD dan Pemkab Banjar, serta para relawan.

“Alhamdulillah koordinasi berjalan lancar, termasuk juga kesiapan evakuasi dan tempat untuk korban banjir mengungsi,” pungkas Letkol Arm Siswo Budiarto.

Terpisah, Sekda Banjar Mokhamad Hilman menyampaikan, bahwa Pemkab Banjar melalui Bupati Banjar H Khalilurrahman telah mengeluarkan status tanggap darurat bencana banjir.  Untuk itu semua potensi yang ada akan dikerahkan untuk membantu para korban banjir.

Menurut Hilman, berdasarkan data yang pihaknya miliki ada 9 kecamatan yang terdampak banjir dan lebih 10 ribu warga korban banjir terdata.