POLITIK

Potensi Konflik Perbedaan Dukungan Parpol Antara Pusat dan Daerah Pada Pilpres

Martapura : Perlu diwaspadai Perbedaan dukungan Capres dan Cawapres antara pusat dan daerah agar tidak menimbulkan konflik. bab dikampanye terbuka hal itu bisa terjadi (17/3/2019).

Akademisi Universitas Lambung Mangkurat (ULM) yang juga Aktivis Jaringan Demokrasi Indonesia (JADI) Mahyuni mengingatkan kepada seluruh pengawas pemilu di Kalsel untuk mewaspadai pada kampanye terbuka. Sebab, pada kampanye terbuka bisa terjadi gesekan antar pendukung, terutama kampanye terbuka untuk Pilpres.

Indikasi yang paling diwaspadai jelas Mahyuni adanya perbedaan dukungan terhadap Capres dan Cawapres antara yang di pusat dan di daerah. Ia mencontohkan dukungan terhadap Capres dan Cawapres PAN ditingkat pusat dan di Kalimantan Selatan yang berbeda.

“Itu perlu diwaspadai pada saat kampanye terbuka agar tidak menimbulkan gesekan diantara masing-masing pendukung. Sebab bisa saja ada yang membawa atribut partai, namun bukan partai pendukung ditingkat nasional, nah ini bisa memicu keributan dan perlu diantispasi,” tegasnya.

Hal lain ungkap Mahyuni yang patut menjadi perhatian pengawas pemilu, yakni pembagian lokasi kampanye, jadwal kampanye dan penyebaran APK pada saat kampanye terbuka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *