POLITIK

Video Bawaslu dan KPU Banjar pantau proses penyortiran dan pelipatan surat suara

Banjarbaru : Video Bawaslu dan KPU Banjar pantau proses penyortiran dan pelipatan surat suara pemilu 2019. Sebagian surat suara untuk pileg dan pilpres 2019 yang dikirim KPU RI ke KPU Kabupaten Banjar cacat dan rusak serta perlu pergantian.

Logistik pemilu 2019 surat suara tahap 2 atau yang terakhir untuk KPU Kabupaten Banjar sebanyak 1.353.029 lembar mulai disortir dan dilipat. Pada saat penyortiran yang digelar pada hari ini ditemukan banyak yang cacat dan rusak.

Ketua KPU Kabupaten Banjar Muhaimin bersama Komisioner Bawaslu Banjar Hairul Falah yang memeriksa langsung proses penyortiran dan pelipatan. Kedua penyelenggara pemilu ini melihat langsung adanya surat suara yang cacat serta rusak.

Muhaimin mengakui tidak sedikit surat suara yang diterima KPU Banjar kondisinya dalam keadaan cacat dan rusak. Surat suara ada yang sudah robek ada pula perubahan warna atau degradasi yang menimpa nama caleg atau nomor urut.

“Semua yang rusak atau cacat kami catat dan dilaporkan ke KPU Provinsi serta ke KPU RI untuk diganti yang baru,” jelas Muhaimin.

Kemudian, Komisioner Bawaslu Banjar Hairul Falah juga menyampaikan, bahwa pihaknya memantau jalannya penyortiran dan pelipatan surat suara guna memastikan semuanya berjalan sesuai aturan.

“Bawaslu Banjar, ingin memastikan dalam proses penyimpanan, penyortiran dan pelipatan surat suara pemilu 2019 berjalan lancar. Bantuan pengamanan logistik surat suara dari Polres Banjar sangat kita hargai, sehingga semuanya diharapkan dapat berjalan lancar,” tegas Hairul Falah.

Proses penyortiran dan pelipatan surat suara yang dilaksanakan KPU Banjar dilakukan di Jalan Jeruk, Banjarbaru. Puluhan pekerja terlihat sibuk menyortir dan melipat surat suara dan mendapat pengamanan dari Polres Banjar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *