Kantor Berita Kalimantan

RSUD Ratu Zalecha Martapura Peringati Hari Stroke Sedunia

IMG 20191028 WA0021

RSUD Ratu Zalecha Martapura Peringati Hari Stroke Sedunia dengan melakukan rangkaian acara diantaranya membagikan sovenir dan bunga, serta penyuluhan tentang penyakit stroke kepada pasien dan pengunjung (28/10/2019).

Dokter Spesialis Saraf RSUD Ratu Zalecha, dr. I Made Dwi Jayantara, Sp.S bersama dr. Deddy Hermawan, Sp.S secara bergantian memberikan pengetahuan kepada pengunjung RSUD Ratu Zalecha Martapura tentang pentingnya mengenal gejala stroke.

IMG 20191028 WA0020
RSUD Ratu Zalecha Martapura Peringati Hari Stroke Sedunia

Salah satu isu utama dalam penanganan stroke yang optimal adalah berpacu dengan waktu. Suatu istilah yang dikenal sebagai ‘time is brain’. Tujuan utama penanganan stroke adalah menyelamatkan jaringan otak yang menderita kekurangan pasokan nutrisi dan oksigen.

Batas waku penanganan stroke yang optimal adalah 4,5 jam. Semakin cepat mendapat diagnosis dan penanganan yang tepat, maka akan semakin besar kemungkinan pemulihan.

Salah satu kendala yang utama dalam penatalaksanaan stroke adalah keterlambatan pasien datang berobat ke RS. Penyebab utama keterlambatan datang ke RS adalah kurang dikenalinya gejala stroke oleh masyarakat luas. Disamping itu juga menyampaikan pengetahuan tentang penyakit stroke kepada masyarakat.

Pada kesempatan ini Rumah Sakit juga membagikan souvenir kepada pasien pengidap stroke yang selama ini mempercayakan pengobatannya di Rumah Sakit Ratu Zalecha Martapura. Pembagian souvenir di loby pendaftaran serta ruang perawatan penyakit saraf Ar-Raudah. Pembagian souvenir kepada pengunjung diwakili Wakil Direktur Pelayanan Medik dr. Diauddin, Kepala Bidang Pelayanan Medik dr. Widya Wiri Utami dan Kepala Bidang Keperawatan Thaufikkurrahman, SKM, MM.

Dengan adanya peringatan hari stroke sedunia ini diharapkan masyarakat menjadi perhatian dan mengetahui gejala, bahanya dan penanganan penyakit stroke, sehingga kedepannya secara umum pengidap stroke di wilayah Kab. Banjar berkurang.

Exit mobile version