IMG 20191018 210616 01
DAERAH POLITIK

Staf Teknis Bawaslu Ujung Tombak Pengawasan Pilkada 2020

Staf Teknis Bawaslu Ujung Tombak Pengawasan Pilkada 2020, dan Perannya Akan Sangat Membantu Komisioner Dalam Mengambil Keputusan dan Kebijakan Yang Tepat (19/10/2019).

Bawaslu Kalsel mantapkan persiapan pengawasan hadapi pelaksanaan pilkada serentak 2020.  Peningkatan SDM Staf Teknis Pengawasan semakin digedor, sebab akan menjadi ujung tombak pengawasan di setiap kegiatan kepemiluan.

Staf Teknis Bawaslu Ujung Tombak Pengawasan Pilkada 2020
Rakor Teknis Pengawasan Pilkada 2020 Bersama Bawaslu Kalsel

Sejumlah kegiatan digelar Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kalimantan Selatan guna persiapan jelang bergulirnya tahapan pilkada serentak 2020. Persiapan yang dilakukan diantaranya kesiapan SDM pengawasan di semua tingkatan.

Pada Rakor Teknis yang digelar Bawaslu Kalsel di Hotel Aria Barito, Banjarmasin sejumlah narasumber dihadirkan untuk memberikan pembekalan. Pembekalan yang diberikan terkait teknis pengawasan kepada seluruh Komisioner Bawaslu dari 13 kabupaten/kota se – Kalsel dan staf teknis.

Mantan Komisioner Bawaslu Kalsel, Mahyuni yang menjadi narasumber di kegiatan ini menyampaikan tentang pentingnya peningkatan kemampuan para pengawas pemilu dilapangan. Untuk itu ia meminta semua pengawas pemilu terus belajar, mengetahui dan memahami undang-undang kepemiluan, khususnya terkait pengawasan.

“Bawaslu harus lakukan peningkatan SDM sumberdaya pengawas, Para komisioner harus menguasai divisinya masing agar dapat mengambil keputusan dengan tepat,” jelasnya (19/10/2019).

Hal lain menurut Mahyuni, yakni peningkatan SDM pengawasan para staf teknis yang ada di masing-masing Bawaslu kabupaten /kota. Staf Teknis Bawaslu itu tegasnya punya peran seperti staf ahli yang bisa menjadi ujung tombak pengawasan dilapangan.

“Para staf teknis Bawaslu harus sering mengikuti kegiatan rakor teknis agar SDM mereka semakin baik dan bisa meringankan tugas para komisioner. SDM Staf teknis yang baik akan sangat membantu tugas komisioner Bawaslu ,” tegasnya.

Rakor teknis persiapan pengawasan pilkada 2020  yang digelar Bawaslu Kalsel digelar selama 2 hari di Hotel Aria Barito Banjarmasin. Acara ini dibuka secara resmi Ketua Bawaslu Kalsel, Erna Kasypiah.

Pilkada Serentak 2020 di Kalimantan Selatan akan digelar di 7 kabupaten/kota. Ke-7 kabupaten/kota tersebut, yakni Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Kabupaten Banjar, Tanah Bumbu, Kotabaru, Balangan, Banjarmasin dan Kota Banjarbaru.

Selain itu juga digelar Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Kalsel 2020. Untuk Pilgub Kalsel 2020 ini dipastikan gubernur petahana Sahbirin Noor maju lagi melalui partai politik, dan baru ada satu penantangnya, yakni Denny Indrayana.

Untuk calon gubernur Denny Indrayana masih berusaha mencari partai pengusung. Namun, ia punya plan B, yakni maju jalur independen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *