Screenshot 2019 10 23 22 18 29
BUDAYA TIPS & TRIK

Tips Sederhana Hindari Rumah Terbakar Akibat Kebakaran Lahan

Tips sederhana hindari rumah terbakar akibat kebakaran lahan yang menjalar pada setiap musim kemarau dan keluarga yang ada di rumah tetap aman (23/10/2019).

Kita semua turut berduka dan juga prihatin atas kebakaran lahan yang menjalar dan akhirnya tak mampu dibendung, hingga membakar perumahan warga. Hal ini terus berulang terjadi setiap tahunnya, khususnya pada saat musim kemarau dan maraknya kebakaran hutan dan lahan.

Tips sederhana hindari rumah terbakar akibat kebakaran lahan
Tips Hindari Rumah Ikut Terbakar Akibat Kebakaran Lahan

Untuk menghindari hal tersebut terjadi tentu tidak cukup hanya dengan doa dan bantuan orang lain saja. Sebab, warga pemilik rumah di sekitar lahan persawahan yang perlu juga membersihkan lahan kering disekitar rumahnya.

Berikut ada sedikit tips mudah dan murah agar perumahan yang berada di sekitar lahan kering agar tidak ikut terbakar. Pertama harus ada usaha warga yang berada di sekitar lahan atau sawah kering yang rentan terbakar.

Usaha tersebut, yakni membersihkan lahan kering di sekitar perumahan dengan cara memotong dan membuang lahan kering. Minimal 25 meter areal dekat perumahan harus bersih dari lahan kering dan itu bisa dikerjakan secara gotong royong oleh warga.

IMG 20191023 223547
Kebakaran Areal Persawahan Menjalar ke Perumahan Warga

Pada kasus ini sangat diperlukan kekompakan warga dan itu bisa dilakukan dengan menggelar pertemuan, rapat, musyawarah yang difasilitasi RT atau RW.

Kalau tidak bisa mengerjakannya secara gotong royong, warga diperumahan bisa membayar orang lain untuk membersihkan lahan kering agar jarak lahan kering jauh dari perumahan. Setiap pemilik rumah akan mampu membersihkan 10 x 25 lahan kering disekitar rumahnya dan itu tidak membutuhkan waktu yang terlalu lama dan cukup satu kali gotong royong.

Kita cukup prihatin atas musibah terbakarnya rumah warga akibat kebakaran lahan yang menjalar ke perumahan warga atau penduduk. Terlebih lagi pada saat terjadinya kebakaran kepala keluarga sedang tidak ada di rumah dan yang tertinggal hanya anak-anak dan istri saja.

Untuk itu perlu sekali ada usaha bersama membersihkan areal sekitar pemukiman dari lahan yang mudah terbakar. Gotong royong sesama penghuni perumahan atau sesama warga sangat penting agar areal perumahan bisa terhindar dari api yang menjalar ke perumahan.

Sekali lagi disampaikan Tips mudah, murah dan sederhana agar rumah terhindar dari api yang menjalar dari lahan yang terbakar, yakni bersihkan lahan keringnya. Berikan jarak Aman rumah dengan lahan kering minimal 25 meter.

Sementara itu, korban kebakaran rumah akibat api kebakaran lahan menjalar ke rumah warga dalam sepekan terakhir marak terjadi. Misalnya, di Desa Handil Malintang sedikitnya ada 8 rumah terbakar, di Desa Pemajatan sedikitnya 3 rumah, dan di Guntung Paring dan Guntung Manggis sedikitnya ada beberapa rumah yang terbakar akibat dari kebakaran lahan yang menjalar ke rumah penduduk.

Peran relawan Damkar cukup besar untuk membantu masyarakat memadamkan api dari lahan yang terbakar dan menjalar ke perumahan. Tetapi peran masyarakat sendiri tentu sangat utama untuk mencegah bencana kebakaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *