Site icon Kantor Berita Kalimantan

Umat Hindu Kota Palangka Raya Gelar Ritual Kremasi

KBK.NEWS, PALANGKA RAYA – Upacara kremasi umat Hindu di Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah digelar sebagai proses penghormatan terhadap yang meninggal dunia, Selasa (11/6/2024).

Upacara kremasi umat Hindu Kota Palangka Raya untuk menghormati yang telah meninggal dunia di laksanakan di Pemakaman Umum (TPU) Jalan Tjilik Riwut Km 12 Kota Palangka Raya, Senin (10/6/2024) kemarin.

Upacara kremasi menjadi salah satu bagian yang sangat penting dalam agama Hindu untuk penghormatan dan pelepasan jiwa seseorang yang telah meninggal dunia.

Upacara ritual kremasi dihadiri  keluarga, kerabat, dan warga komunitas Hindu di Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah (Kalteng).

Ritual kremasi dimulai dengan upacara pemujaan dan doa bersama yang dipimpin oleh pendeta Hindu.

Seluruh rangkaian ritual dilakukan sesuai dengan adat dan tradisi Hindu. Hal tersebut diantaranya memberikan  penghormatan terakhir kepada yang meninggal dunia dan diikuti lantunan doa-doa suci.

I Ketut Marno, salah seorang warga yang ikut menghadiri prosesi kremasi mengatakan, kremasi adalah bagian dari wujud penghormatan terakhir kepada umat Hindu yang telah meninggal dunia.

“Kremasi adalah bagian penting dari upacara penyucian terakhir dalam tradisi Hindu, yang bertujuan untuk mengembalikan elemen tubuh manusia kepada alam semesta,” ujar I Ketut Marno

Ia juga menambahkan bahwa acara ini berjalan dengan lancar dan khidmat, berkat kerja sama dan dukungan dari seluruh umat Hindu di Kota Palangka Raya, serta pihak pengelola TPU.

” Dengan terlaksananya kremasi ini, umat Hindu Kota Palangka Raya berharap agar roh almarhum dapat mencapai kedamaian abadi dan diterima di sisi Tuhan Yang Maha Esa,” pungkasnya.

Sumber : (MC Kota Palangka Raya/Gusti/ndk)

Exit mobile version