BUDAYA TIPS & TRIK UMUM

Video Ribuan Jamaah Haul Guru Sekumpul Melalui Sungai

Martapura : Video Ratusan Kapal Motor Jenis Kelotok dan Longboat antarkan ribuan jamaah menggunakan jalur sungai menuju puncak Haul Ke-14 Guru Sekumpul atau KH. Muhammad Zaini Bin Abdul Ghani, Minggu (10/3/2019).

Kantor Berita Kalimantan

Pilihan menggunakan jalur sungai untuk menghadiri Haul Abah Guru Sekumpul menjadi salah satu pilihan yang nyaman. Terhindar dari macet dan lebih cepat sampai ke tujuan sambil wisata air.

Sejak Kamis (7/3/2019) hingga hari ini sudah lebih seratus kapal motor seperti kelotok dan longboat merapat di Sungai Martapura. Sudah ribuan jamaah haul tiba dengan selamat sampai tujuan.

Para jamaah haul yang berangkat jalur sungai ini sebagian besar berasal dari kota-kota yang berada di bantaran sungai. Para relawan Posko Sungai Batang Ilir, Martapura yang melayani para jamaah jalur sungai bekerja siang dan malam.

Panitia Posko Haul ke-14 Guru Sekumpul Desa Sungai Batang Ilir mengatakan, pihaknya membantu para jamaah haul jalur darat dan sungai. Selain itu juga menyediakan konsumsi makanan dan minuman gratis kepada para jamaah yang melintas.

“Untuk jalur sungai, seperti jalur darat mengalami peningkatan jumlah jamaahnya. Kapal yang melintas sudah ratusan jumlahnya, bahkan seprti kapal longboat itu bermuatan sampai 75 orang penumpang,” jelasnya.

Kendala jalur sungai saat ini ungkap Fahmi, karena jembatan gantung yang ada di Desa Sungai Batang Ilir sedikit agak rendah. Hal itu mengakibatkan kapal yang agak tinggi tidak bisa lewat, apalagi saat air pasang.

Jamaah haul yang datang melalui sungai diantaranya berasal dari Kapuas,Tabunganen, Bahaur, Mandumai, Anjir, Marabahan, Danau Panggang dan lainnya. Mereka rela datang dari jauh untuk menghadiri Haul Ke-14 Guru Sekumpul.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *