Site icon Kantor Berita Kalimantan

Wisata Religi Makam Datu Kalampayan Diminta Dibuka Kembali

MARTAPURA – Wisata religi Makam Datu Kalampayan (Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari) di Kabupaten Banjar yang dikelola oleh Pemkab Banjar Diminta DPRD Banjar untuk dibuka kembali, Selasa (11/1/2022).

Ketua DPRD Kabupaten Banjar H Muhammad Rofiqi menyatakan, pihaknya meminta agar wisata religi yang dikelola oleh Pemkab Banjar seperti makam Datu Kalampayan segera dibuka kembali.

“Kami selaku dewan dari kemarin sudah menyarankan agar wisata religi yang dikelola oleh pemerintah daerah kalau bisa segera dibuka saja. Hal ini untuk menghidupkan kembali ekonomi masyarakat sekitarnya,” jelasnya.

Tutupnya wisata religi yang sudah berlangsung kurang lebih dua tahun ini cukup berdampak bagi ekonomi masyarakat. Termasuk juga banyak masyarakat yang mata pencaharian nya bergantung pada wisata religi tersebut.

“Sudah 2 tahun sejak pandemi, wisata religi seperti tempat ziarah yang dikelola pemerintah daerah ditutup . Tentu saja hal itu cukup berdampak bagi ekonomi masyarakat sekitarnya seperti warung , toko , dan lain sebagainya di sekitar lokasi wisata religi,” ungkap politisi muda Partai Gerindra ini.

Rofiqi juga mengingatkan, bahwa Kabupaten Banjar selain memiliki sumber daya alam sebagai penghasilan daerah, juga memiliki wisata religi sebagai andalan untuk penghasilan daerah .

“Saya rasa lebih baik dan sudah saatnya dibuka kembali wisata religi itu, tetapi dengan menjaga protokol kesehatan,” pungkas Muhammad Rofiqi.

Exit mobile version