Pelaku UMKM Binaan IAD Kejari Banjar Raih Juara 2 Pada Expo Ekraf 2023

MARTAPURA – Pelaku UMKM binaan Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Banjar, berhasil menjadi juara 2 dalam Expo Ekonomi Kreatif (Ekraf) 2023, Kabupaten Banjar.

” Alhamdulillah Binaan UMKM kita yang ikut partisipasi mendapat juara 2 stand kategori pelaku UMKM pada Expo Ekraf 2023, yang dilaksanakan selama 3 hari di Kabupaten Banjar,” ujar Kepala Kejari (Kajari) Kabupaten Banjar Muhammad Bardan, Senin (12/6/2023) sore.

Bardan yang juga selaku pengawas IAD Daerah Kabupaten Banjar mengucapkan terima kasih, dan akan akan terus mendukung binaan UMKM tersebut, agar bisa lebih baik dan meningkatkan kualitas produk.

” Secara berjenjang, kita dari IAD Pusat, IAD Kejati, itu benar benar mengangkat UMKM yang ada di Kabupaten Banjar, dan kami ada 8 binaan UMKM yang kita bina sekarang dan mungkin nanti bisa saja bertambah,” bebernya.

Dirinya menyebutkan pihaknya akan menggunakan UMKM kearifan lokal, misalnya kue, bisa digunakan untuk dikantor, di meja kerja, jamuan untuk tamu, dan area PTSP yang sudah ada kerajinan dari rotan dan bamban.

” Jadi, itu adalah salah satu bentuk kepedulian kita kepada UMKM disini, kalau bonus yang diterima Rp 1.750.000, diserahkan oleh Disbudporapar, dengan terpilihnya UMKM binaan kita ini, mungkin kedepannya uang ini digunakan kembali untuk binaan agar lebih berkreasi lagi,” jelas Bardan.

Keberhasilan pelaku UMKM tersebut, lanjut Bardan, dikarenakan kesadaran pelaku UMKM untuk mengkreasikan produknya yang dibuat oleh warga satu kampung.

” Mereka memulai itu bukan dari dorongan kita, namun berawal dari inisiatif dan kreativitas mereka sendiri, lalu kita disini mendorong inisiatif yang baik dari mereka agar bisa lebih meningkatkan kualitas produk mereka,” tutupnya.

Mungkin Anda Menyukai