Pemkab Banjar Menggelar Pemilihan Nanang Galuh Kabupaten Banjar 2023

2 min read

MARTAPURA – Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Kabupaten Banjar menggelar acara Pembukaan Pemilihan Nanang Galuh Kabupaten Banjar bernuansa islami 2023 di Guest House Sultan Sulaiman Martapura, Senin (12/6/2023) pagi.

Bupati Banjar H Saidi Mansyur dalam yang diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ikhwansyah mengatakan, menyambut baik dan gembira terselenggaranya Pemilihan Nanang Galuh bernuansa islami tersebut.

“Para peserta akan menghadapi berbagai tahapan evaluasi seperti tes tertulis, wawancara, bakat dan prestasi, semua tahapan ini dirancang untuk memilih dan menghargai peserta yang berwawasan luas, berkpribadian, memperkenalkan nilai-nilai budaya adat istiadat, norma-norma islam sesuai tema bernuansa islami,” ucap Ikhwansyah.

Menurut Iwan, siapapun yang terpilih sebagai nanang galuh nantinya akan terus memperluas ilmu pengetahuannya, terutama terkait kondisi dan karakter budaya serta potensi kepariwisataan di Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan.

Sementara itu, Plt Kepala Disbudporapar Irwan Jaya mengatakan, Audisi nanang galuh tersebut dalam rangka memilih putera puteri terbaik untuk mendapatkan generasi penerus yang berkepribadian luhur sesuai dengan norma agama.

“ Pemilihan Nanang Galuh ini untuk mengembangkan kebudayaan dan pariwisata yang ada di Kabupaten Banjar sesuai dengan visi dan misi Bupati, Maju Mandiri dan Agamis. Diharapkan dengan terpihnya nanang dan galuh ini dapat mewakili Kabupaten Banjar ke tingkat Provinsi Kalsel,” harap Irwan.

Pembukaan audisi ditandai dengan pemukulan gong dan penyematan tanda peserta oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ikhwansyah, disaksikan Asisten Pemerintah dan Kesra H Masruri, perwakilan TP PKK, dewan juri, perwakilan Kepala SKPD dan sejumlah undangan.

Audisi tersebut diikuti 75 peserta terdiri dari 23 nanang dan 52 galuh, digelar selama dua hari 12-13 Juni 2023.

Berita Terkait

More From Author