FB IMG 1556796435348 01
PEMERINTAHAN TIPS & TRIK

I Gusti Nyoman Yudiana Spesialis Plt Penjabat di Kabupaten Banjar

Martapura : I Gusti Nyoman Yudiana Spesialis Plt Penjabat di Kabupaten Banjar. Kabar terbaru ia dilantik sebagai Penjabat Sekda Banjar menggantikan Nasrun Syah yang pensiun, Kamis (2/5/2019).

Pada hari ini, Rabu (2/5/2019) Bupati Banjar H. Khalilulrahman melantik I Gusti Nyoman Yudiana sebagai Penjabat Sekda Banjar. Pelantikan digelar di Mahligai Sultan Adam, Martapura ini untuk mengisi jabatan Sekda yang kosong ditinggal Nasrun Syah, karena pensiun.

Nyoman telah dilantik Bupati Banjar H. Khalilulrahman di Mahligai Sultan Adam, Martapura (2/5/2019).

Bupati Banjar H. Khalilulrahman dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada I Gusti Nyoman Yudiana sebagai Penjabat Sekda Banjar. Menurutnya, proses penetapan Penjabat Sekretaris Daerah diatur berdasarkan Peraturan Presiden nomor 3 tahun 2018 tentang Penjabat Sekda Pasal 5 Ayat 2.

“Bupati/walikota mengangkat Penjabat Sekretaris Daerah untuk melaksanakan tugas Sekretaris Daerah setelah mendapat persetujuan gubernur sebagai perwakilan pemerintah pusat di daerah,” jelasnya.

H. Khalilulrahman juga menyatakan, tugas dan fungsi sekretaris daerah, melakukan koordinasi penyusunan kebijakan daerah. Kemudian juga melakukan koordinasi pelaksanaan tugas SKPD, pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kebijakan daerah.

Selanjutnya jelas H. Khalilullrahman, Sekda juga bertugas pelayanan administratif dan pembinaan ASN. Selain itu sekda punya fungsi lain yang diberikan oleh bupati atau walikota.

“Penjabat Sekda mempunyai peran dan memiliki tugas yang sama sebagaimana Sekda Definitif,” pungkasnya.

Berdasarkan pantauan dalam 3 tahun terakhir Doktor I Gusti Nyoman Yudiana, M,Si sudah beberapa kali menjadi Plt. Misalnya, Plt Kadispora Banjar, BPBD Banjar, Direktur PD Pasar Bauntung Batuah. Selain itu ia juga sempat Plt Kepala Bapelitbangda Banjar, dan kini juga Penjabat Kepala BKD Banjar yang sekaligus Sekda.

Posisi jabatan definitif I Gusti Nyoman Yudiana ada Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan di Pemkab Banjar. Karena, seringnya menjadi Plt, maka ia bisa dikatakan “Spesialis Plt Penjabat di Kabupaten Banjar”.

Foto : Istemewa (fb).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *