IMG 20190606 142618
BUDAYA TIPS & TRIK

Mesjid Menjadi Rest Area Favorit Pemudik Lebaran

Rantau : Para pemudik Jadikan Mesjid dan Mushala Sebagai Tempat Beristirahat atau Rest Area Favorit Dibanding Tempat Lainnya, Kamis (6/6/2019).

Sejumlah rest area bagi pemudik lebaran tersedia di sepanjang jalur mudik dari Banjarmasin hingga ke daerah di Hulu Sungai. Namun, tidak semua rest area yang disediakan pemerintah menjadi tempat persinggahan para pemudik.

Para pemudik lebaran 1 Syawal 1449 H di Kalimantan Selatan hingga pada H+1 masih ramai memadati jalan raya. Untuk tujuan ke Banua Anam di Kalimantan Selatan terlihat cukup ramai dan lancar dan sesekali terlihat padat, khususnya di daerah persimpangan dan adanya pasar tradisional.

Sedangkan untuk tempat persinggahan untuk beristirahat atau rest area telah tersedia dibanyak titik di sepanjang jalur mudik. Namun, tidak semua rest area disinggahi para pemudik dan terlihat para pemudik lebih menyukai mesjid dan mushala untuk beristirahat.

Masran (43) pemudik dari Aluh -Aluh, Kabupaten Banjar mengatakan, mesjid atau mushala menjadi rest area favorit, karena bisa shalat dan juga tidur sebentar. Selain itu di mesjid lengkap ada toilet yang bersih dan udaranya lebih sejuk.

“Kami hampir setiap tahun mudik lebaran dan selalu istirahat di mesjid atau mushala,”ujarnya.

Pemudik yang menggunakan kendaraan roda 2 ini menyampaikan ia mudik dari wilayah Kabupaten Banjar dengan tujuan Kota Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Ia dengan naik sepeda motor dengan membawa istri dan 1 orang anak.

“Kami tidak berani ngebut, sebab khawatir membahayakan keselamatan kami sekeluarga. Kalau lelah atau ngantuk kami mampir ke mesjid atau mushala untuk istrirahat,” tegasnya.

Berdasarkan pantauan langsung di lapangan, terlihat sejumlah rest area dijadikan tempat istirahat para pemudik. Namun, tempat yang paling banyak dijadikan tempat istirahat adalah mesjid dan mushala.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *