Screenshot 2019 10 22 14 16 42
BUDAYA DAERAH

Kebakaran Lahan Persawahan Ikut Membakar Rumah Warga Gambut

Sedikitnya ada tiga unit rumah terbakar akibat kebakaran lahan yang menjalar ke pemukiman warga di Handil Malintang (Pasar Selasa) Kecamatan Gambut, Kabupaten Banjar (22/10/2019).

Sekitar pukul 12.00 Wita terjadi kebakaran lahan persawahan yang sudah di panen. Kebakaran ini semakin membesar dan akhirnya sampai ke pemukiman warga di Desa Handil Malintang, Kecamatan Gambut.

Lahan Persawahan Dan Rumah Warga di Gambut Terbakar
Lahan Persawahan Terbakar Di Gambut Turut Membakar Rumah Warga

Untuk memadamkan api yang membakar lahan dan rumah penduduk ini sejumlah barisan pemadam kebakaran dikerahkan. Berdasarkan data yang diperoleh dari Grup WA Emenrgency sedikitnya ada 3 unit rumah warga yang turut terbakar dalam peristiwa ini.

Cuaca yang panas dan lahan persawahan yang kering disertai tiupan angin yang kencang menyebabkan api cepat membesar dan menjalar ke perumahan warga. Hingga berita ini diturunkan belum ada laporan resmi nilai kerugian dan jumlah rumah yang terbakar, namun api berhasil dipadamkan.

Pada musim kemarau tahun ini ratusan hektar lahan persawahan yang kering di Kabupaten Banjar hangus terbakar. Upaya untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) terus diupayakan Satgas Karhutla, namun belum bisa maksimal, karena keterbatasan personil dan luasnya daerah yang dijaga.

Kebakaran lahan persawahan yang menjalar ke rumah warga di Gambut, Kabupaten Banjar tersebut hendaknya menyadarkan masyarakat pentingnya menjaga agar lahan tidak terbakar. Sebab, selama imi sangat jarang terlihat warga yang mengantisipasi dan memadamkan api yang membakar lahan, kecuali sudah mendekati rumah mereka.

Sering yang terpantau dilapangan adalah para relawan Damkar dan Satgas Karhurla yang berjibaku memadamkan api di lahan yang terbakar. Padahal lokasi lahan yang terbakar ada diantara perumahan warga.

Sudah seringkali himbauan pemerintah dan tokoh masyarakat agar warga tidak membakar lahan dan juga berhati -hati agar lahan kering tidak terbakar. Namun, kejadian kebakaran lahan terus terjadi dan berdampak merugikan masyarakat sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *